Thursday, April 1, 2010

PETUNJUK REGISTRASI ONLINE

Setelah menuju alamat REGISTRASI ONLINE TKHI/PPIH 2010 DISINI maka bagi pendaftar baru harus mengklik Klik disini untuk Registrasi baru.

Step 1 Anda akan dihadapkan dengan persyaratan TKHI/PPIH, jika Anda merasa memenuhi persyaratan tersebut, maka contrenglah kotak Saya Setuju di kiri bawah. Dan cliklah kotak Setuju
untuk lanjut ke Step2.

Step2 Anda dihadapkan dengan pilihan tenaga kesehatan yg Anda minati

Kategori Tenaga : Pilih salah satu, keterangan:

‐ TKHI (kloter) : bekerja 40 hari, jenis tenaga yang dibutuhkan adalah dokter dan perawat

‐ PPIH (Non Kloter) : bekerja 73 – 81 hari, jenis tenaga yang dibutuhkan adalah Dokter spesialis penyakit Jantung dan Pembuluh Darah, Penyakit Dalam, Paru, Kesehatan Jiwa, Dokter Gigi, Dokter IGD, perawat High Care, Apoteker, Asisten Apoteker, Sanitasi Surveilans, Siskohat bidang kesehatan, Ahli Gizi, Analis Kesehatan/ laboratorium, Penata Rontgent, Perekam Medik, tenaga elektro medik.

Jenis Tenaga : Pilih salah satu dengan ketentuan sebagai berikut:

Tempat Tugas
Propinsi : Pilih salah satu
Kabupaten/Kota : Pilih salah satu
Instansi : Pilih salah satu, apabila tidak ada dalam daftar, klik pada baris Instansi Baru

Data Pemohon
Nama Pemohon : Diisi nama lengkap, tidak disingkat dan tanpa gelar
Tanggal Lahir : Diisi sesuai tanggal, bulan dan tahun kelahiran (format dd/mm/yyyy)
No. KTP: diisi
Sex: Jenis kelamin

Step3
DATA IDENTITAS DAN PEKERJAAN

Identitas Pemohon
Alamat Pemohon : Diisi dengan alamat rumah pemohon. Mungkin tampilan di bukti registrasi yang harus di print tidak memuat semua kata alamat yang Anda tulis, hal ini tidak menjadi masalah.
Kode Pos : Diisi dengan kode pos sesuai alamat rumah pemohon
Telp. Rumah No. : Diisi nomor telepon rumah, didahului dengan kode area. Apabila Tidak ada, diisi dengan nomor telpon lain yang mudah dihubungi
Nama isteri atau suami: diisi lengkap jangan disingkat, tanpa gelar
Ukuran baju: diisi
Telp instansi: jika belum terisi otomatis atau jika no telp instansi udah berubah, isilah dengan kode daerah terlebih dahulu.
Telp. Hp. No. : Diisi nomor telepon genggam
Pendidikan Akhir : Pilih atau jika tidak ada di daftar, anda bisa pilih "pendidikan lainnya"
Cth: Jika Bidan D3 yang dulunya SPK, maka pilihlah "pendidikan lainnya" dan di kolom institusi pendidikan ditulis SPK blablablaKOTA Blablabla
Sertifikat : Dipilih salah satu, jika tidak ada, maka pilih "Non sertifikat."
Tahun Sertifikat : Diisi dengan tahun penerbitan sertifikat, contoh : 2008. Jika tidak ada sertifikat maka isilah dengan tanda "-"
Pengalaman ke Arab : Dipilih salah satu
Th ke Arab : Dipilih dan diisi tahun terakhir pengalaman ke Arab Saudi bila pernah, contoh : 2008. Jika tidak pernah maka isilah dnegan tanda "-"

Unit kerja
Diisi nama instansi, misalnya: RUMAH SAKIT DR.CIPTO MANGUNKUSUMO atau PUSKESMAS PONDOK KOPI DUREN SAWIT atau DINAS KESEHATAN KOTA BEKASI atau DIT. BINA YANMEDIK DASAR, DITJEN BINA YANMEDIK dst. (untuk kantor pusat diisi unit organisasi setingkat eselon II dan unit organisasi setingkat eselon I).
Jenis Jabatan: pilih
Nama Jabatan: tulis, cth: pelaksana perawatan/ pelaksana kebidanan/ dokter
Jenis Pelayanan : Dipilih sesuai dengan jenis pelayanan unit kerja pemohon, dengan ketentuan:
- High Care : Bagi pemohon yang bekerja di Rumah Sakit yang menangani kegawatdaruratan medik (UGD, ICU/ICCU, Penyakit Jantung, Penyakit Dalam).
- Non pelayanan : Bagi pemohon yang bekerja di kantor Departemen Kesehatan dan jajarannya.
- Penunjang medik : Bagi pemohon yang bekerja di Instalasi penunjang (farmasi, gizi, laboratorium, radiografi dst).
- Rawat Inap : Bagi pemohon yang bekerja di instalasi rawat inap
- Rawat Jalan : Bagi pemohon yang bekerja di instalasi rawat jalan, Puskesmas dan klinik.

Masa Kerja : Diisi sesuai dengan masa kerja di unit kerja saat ini

Pekerjaan Sebelumnya
Unit Kerja Sebelumnya : Diisi dengan nama unit kerja pelamar sebelum ditugaskan di unit saat ini, contoh pengisian lihat pada item data unit kerja di atas.
Jenis Pelayanan Sebelumnya : Dipilih sesuai dengan jenis pelayanan pada unit kerja pemohon sebelumnya, contoh pengisian lihat pada item data jenis pelayanan di atas.
Jabatan Sebelumnya : Diisi sesuai dengan nama jabatan di unit kerja sebelumnya, contoh pengisian lihat pada item data jabatan di atas.

Masa Kerja Sebelumnya : Diisi sesuai dengan masa kerja di unit sebelumnya, contoh pengisian lihat pada item data masa kerja di atas.

Jika sudah, maka klik lanjut ke step berikutnya
Step 4, berisi data yg udah Anda isi, ini adalah konfirmasi akhir utk data Anda, jika anda yakin benar, maka contreng kotak bawah "Saya mengakui bahwa data tersebut di atas adalah benar dan dapat dipertanggungjawabkan"

Step 5
Inilah Bukti registrasi online Anda, cetak/ printlah halaman asli dari web, bukan setelah di Export ke excel/ word. Cara mencetak adalah bukanlah dari icon File dan Print yg ada di bingkai windows , namun lihat kanan atas ada logo ini:
Export to Excel', this, event, '100px');" title="Export to Excel" border="0"> Export to Word', this, event, '100px');" title="Export to Word" border="0"> Export to PDF', this, event, '100px');" title="Export to PDF" border="0"> Export to Zip', this, event, '100px');" title="Export to Zip" border="0"> Print Preview', this, event, '100px');" border="0">

Pilihlah yg warna kuning paling kanan itu adalah Preview sebelum di cetak. Dari situlah Anda mencetak Form ini.
(Sebelum mencetak atau print formulir agar di set up terlebih dahulu ke ukuran kertas 8,5 x 13 inci)